Rumah Sakit Umum (RSU) Prof. Dr. M Ali Hanafiah
0752-71008    -    rsud.hanafiah@yahoo.com

CAPAIAN INDIKATOR PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN TRIWULAN III RSUD HANAFIAH BATUSANGKAR

Berita Admin 06 Desember 2019
Gambar

CAPAIAN INDIKATOR MUTU

RSUD PROF. DR.M.A HANAFIAH SM BARTUSANGKAR

TRI WULAN III 2019

 

  1. Kelengkapan informed consent tindakan rawat inap interne oleh IGD

Penilaian Periode Juli s/d September 2019

Interpretasi :

Berdasarkan grafik di atas bahwa pada bulan Juli s/d September  2019 kelengkapan informed consent tindaKan oleh IGD seudah mencapai target yang ditetapkan yakninya 100%. Hal ini didukung oleh komitment petugas IGD dalam pelaksanaan tindakan dan mendapatkan persetujuan pasien dan keluarga serta  untuk menghindari jika terjadinya complain terhadap tindakan yang dilakukan

 Rekomendasi dari tim mutu dan keselamatan pasien adalah tetap dilakukan pematantauan oleh bidang pelayanan dan komite mutu. Dan evaluasis setiap triwulannya.

 

 

  1. Tidak adanya keharusan pembayaran uang muka rawatan interne

Penilaian Periode Juli s/d September 2019

Interpretasi :

Tidak adanya keharusan pembayaran uang muka rawatan adalah tidak adanya dipungut biaya rawatan pasien umum diawal rawatan oleh pihak rumah sakit  dengan standar 100%

Berdasarkan data diatas dapat dilihat bahwa pencapaian bulan Juli s/d September  2019  telah mencapai target yang ditentukan yakninya 100% . Hal ini didukung oleh pasien yang dirawat dari IGD jika pasien tersebut umum maka dibuatkan BON tindakan di IGD dan akan dibayar oleh pasien ketika pasien sudah diperbolehkan pulang oleh DPJP rawatan.

 Rekomendasi yang diusulkan oleh Tim Mutu dan Keselamatan Pasien antara lain adalah mempertahankan dan followup akan dilakukan pada peaporan berikutnya.

 

  1. Pelaksanaan edukasi cuci tangan oleh petugas interne ke keluarga pasien

Penilaian Periode Juli s/d September  2019

Interpretasi

Pelaksanaan edukasi cuci tangan oleh petugas ruangan interne ke keluarga pasien  adalah adanya pemberitahuan oleh petugas interne serta megajarkan kepada keluarga pasien yang menunggui pasien tentang enam langkah cuci tangan dan five moment dengan standar 100%.

Berdasarkan data diatas dapat dilihat bahwa indikator pada  Juli s/d September  belum mencapai target  yang ditentukan yaitunya 100%. Hal ini disebabkan oleh belum terlaksananya rekomendasi komite Mutu tri wulan II untuk melakukan edukasi saat serah terima pasien pada saat pertukaran sift dinas sehingga pencapaian edukasi langsung ke pasien dan keluarga dalam satu ruangan mencakup beberapa pasien dan keluarga sekaligus.

Rekomendasi yang diusulkan oleh Tim Mutu dan Keselamatan Pasien adalah  meminta bidang pelayanan menekankan  kepada petugas ruangan dalam pemberian edukasi dengan salah satu solusi pada saat serah terima sift dinas dan akan dilakukan pemantauan secara rutin. Follow up akan dilakukan saat pelaporan triwulan berikutnya.

 

  1. Waktu tunggu operasi elektif

Penilaian Periode  Juli s/d September 2019

interpretasi :

Waktu tunggu operasi efektif adalah tenggang waktu mulai dokter memutuskan untuk dilakukan operasi dan sudah terdaftar pada ruangan bedah hari pelaksanaan operasi ( terencana )  sampai dengan operasi mulai dilaksanakan yaitu < 2 hari  dengan standar 100%.

Berdasarkan data diatas dapat dilihat bahwa indikator Juli s/d September 2019 sudah mencapai target yang ditentukan yakninya 100%. Hal ini dibuktikan dengan adanya  pencatatan  atau jadwal pasien yang akan dilakukan tindakan operasi dan sudah sesuai dengan standar yakninya < 2 hari.

 Rekomendasikan yang di usulkan adalah tetap dipertahankan dan akan dilakukan folluw up pada pelaporan berikutnya.

 

  1. Tingkat kepuasan pasien rawat inap interne

Penilaian Periode Juli s/d September  2019

RSU Prof Dr M.A Hanafiah Batusangkar
  • Jl. Bundo Kanduang No. 1, Tanah Datar Sumatera Barat
  • 0752-71008
  • rsud.hanafiah@yahoo.com
Sosial Media
Post Terbaru
  • Post Terbaru 1
  • Post Terbaru 2
  • Post Terbaru 3
© Copyright RSU Prof Dr M.A Hanafiah Batusangkar | Powered By @JndHero